Apa yang harus dilakukan saat Persiapan Kedatangan DOC?

Apa yang harus dilakukan saat Persiapan Kedatangan DOC?

MitraPeternakan.com –  Salah satu kunci kesuksesan dalam pemeliharaan ayam broiler adalah saat dimana persiapan kedatangan DOC dilakukan secara baik dan benar.  Ini merupakan pengetahuan yang sangat penting diketahui dan dilakukan dengan baik dan benar oleh peternak.  Karna saat gagal pada fase ini, sama halnya Anda telah merencanakan kegagalan.

Tentu Anda tidak ingin gagal disetiap periode pemeliharaan bukan?

Olehnya itu, mari simak dengan baik bahasan ini dan setelah membacanya silahkan terapkan pada kandang anda masing-masing.

Persiapan Biosecurity yang baik.  Saat setelah panen dilakukan, kandang harus segera dicuci dan dilakukan sanitasi terlebih dahulu, lalu dilaksanakan biosecurity yang merata keseluruh bagian kandang.

Sanitasi Kandang dan lingkungannya.  Semua barang yang digunakan di lingkungan kandang harus disanitasi terlebih dahulu sebelum digunakan.  Petugas dan karyawan kandang juga harus disanitasi sebelum masuk ke area kandang.  Pastikan petugas yang akan masuk telah melalui ruangan sanitasi untuk mandi dan memakai perlengkapan yang sesuai prosedur seperti pakaian (wearpack), sepatu boot, masker, dan topi kandang yang telah disediakan khusus.

Jangan Gunakan Sepatu dan Pakaian yang digunakan dalam Kandang.  Sepatu dan pakaian yang digunakan dalam kandang tidak boleh digunakan kembali di tempat lain, untuk menghindari kontaminasi penyakit dari luar ke dalam kandang atau sebaliknya.persiapan-kedatangan-doc-broiler

Sediakan Foot Dip.  Foot dip (air desinfektan yang berfungsi sebagai tempat cuci kaki/sepatu untuk para petugas kandang) harus tetap dalam keadaan bersih.  Gunakan dosis sesuai prosedur, lalu ganti secepatnya jika foot dip tersebut sudah kelihatan kotor karena desinfektan tidak akan bekerja secara maksimal

Sekam Streril.  Gunakan sekam yang sudah difumigasi dan diberi formalin

Debu bisa menjadi sumber penyakit.  Bersihkan debu yang ada di dalam kandang setiap dua minggu sekali untuk memperlancar sirkulasi udara.  Debu juga dapat menjadi sumber penyakit untuk ayam yaitu penyakit pernafasan.

Satu Brooding untuk DOC seumur.  Kandang brooding hanya boleh berisi DOC yang seumur.  Oleh karena itu, jauhkan kandang brooding dengan ayam yang lebih tua umurnya.  Lakukan brooding DOC dengan program all-in-all-out.

Hindari DOC Stress.  Gunakan kendaraan yang bersih, dan hindari DOC stress selama perjalanan.

Jaga Keamanan Kandang.  Pintu kandang harus selalu tertutup bila tidak sedang dioperasikan.  Semua kendaraan yang memasuki kawasan peternakan melalui sanitasi.

Itulah beberapa catatan penting yang seharusnya menjadi perhatian kita, jika tidak ingin gagal disetiap periode pemeliharaan broiler.  Semoga bermanfaat dan Semoga pemeliharaan broiler Anda selalu menguntungkan. Aaminn

 

 

 

 

 

 

 

 

.